Jadi Moderator

Apa yg spesial hari ini? Hari ini gw jd moderator kajian RTH lho. Dan tau siapa pembicaranya? salah satu nya adalah Ridwan Kamil! Tau kn dia siapa? benar2 suatu pengalaman yg langka dan berharga. Hal yg harus sengat diyukuri, karena jarang anak TPB yg bisa mendapatkan kesempatan ini (biasanya moderator tuh dr ank2 tingkat 3). Dan pembicara satu lg adalah Bpk. Haru Suhandaru, angota DPRD Kota Bandung. Pak Haru ini dulunya mahasiswa ITB, dan pernah jadi kahimp NYMPHAEA dan ketua DPP MPP Karisma Salman ITB. Kajian ini mengundang masa kampus ITB, dan juga perwakilan2 himpunan yg diundang resmi.

Banyak hal baru ttg RTH dan masalah perkotaan yg gw dp, terutama masalah2 di Kota Bandung. Cm di sini gw gak mw ngebahas materi nya (nnt insya allah di tulisan selanjutnya, yg formal), tp hanya ingin mengevaluasi diri apakah tadi gw sudah menjadi moderator yg baik.

Apakah sudah???

Gw rasa belum. Pertama, gw ngomongnya masih kurang jelas/kurang vokal atau bahasa kerennya bartiulasnya masih kurang baik. Kayak orang kumur-kumur katanya. Yg kedua, ternyata suara gw gak kedengeran sampe belakang (mic nya emang mati), padahal suara2 pembicara aja kedengeran sampe belakang. Masa yg muda kalah keras suara?? Kata kak Dhani (menko eksteral KM ITB), itu menunjukan gw masih ragu2 saat bicara, dan emang gw rasa benar sekali.

Tetapi ada juga nih hal positifnya. Katanya (kak Dhani), tadi saat kesempatan Ridwan Kamil bicara dan beliau  meminta wkt 2 menit utk mengurus ppt nya (setelah pak haru selesai bicara), gw melakukan hal yg baik karena berani mengambil keputusan untuk memberikan satu kesempatan bertanya kepada peserta untuk pak haru, sehingga wkt 2 menit tersebut tidak tertelantarkan.

Namun secara keseluruhan, gw merasa belum puas dg hasil gw sebagai moderator tadi. Kak Dhani bilang sih itu masalah jam terbang, dan dg dua kali lagi jadi moderator, gw akan mampu mengatasi kekurangan2 itu.

Intinya, agar menjadi moderator yg baik, gw harus mampu untuk: bicara lebih lantang, artikulasi jelas, teratur dan keras!

PASTI BISA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s