Masih perlukah mahasiswa berdemo?

Apa masih perlu?

Entahlah, coba kita pikirkan terlebih dahulu. Atau mungkin kita harus terlebih dahulu menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.  Apa manfaat demonstrasi? Untuk apa kita berteriak-teriak berjam-jam namun pada akhirnya suara kita tidak didengar? Apakah rakyat yang kita bela dalam demonstrasi menginginkan hal itu? Atau justru hanya akan mengganggu sebagian masyarakat lain yang tidak terkait dengan hal yang kita perjuangkan?

Entahlah. Tapi mungkin benar bila apa yang diteriakan sering kali tidak didengar. Rakyat yang dibela kadang kala merasa tidak mendapat manfaat. Masyarakat  pun malah jengkel dengan gangguan ketertiban yang ditimbulkan.  Jadi apakah kita masih perlu berdemonstrasi?

Entahlah. Saya pernah mendengar sebuah ungkapan. Bila hanya berdemo buruh pun bisa, tapi kita ini mahasiswa. Harusnya kita lakukan gerakan yang lebih cerdas dan nyata, lebih ‘mahasiswa’. Lebih baik menyalakan lilin dari pada mengutuk kegelapan. Dan saya setuju. Jadi, apa kita sudahi saja tradisi demonstrasi mahasiswa di negeri ini?

Entahlah. Lantas bila semua itu benar, mengapa masih ada saja mahasiswa yang berdemonstrasi? Apa mereka tidak cukup cerdas untuk melakukan  gerakan yang lebih ‘mahasiswa’? Apakah alasan di balik tindakan mereka?

Entahlah. Tapi harus diketahui, demonstrasi mahasiswa tidaklah dilakukan sembarang. Juga diperlukan kecerdasan untuk mengkaji terlebih dahulu berbagai masalah bangsa yang ingin dibawa, menentukan sasaran yang jelas, dan  memikirkan aksi yang tepat untuk dilakukan.  Demonstrasi pun dilakukan dengan damai, tidak membuat kerusakan dan tidak melanggar ketertiban umum. Demonstrasi seperti inilah yang pantas disebut demonstrasi mahasiswa. Namun, berapa banyak  gerakan mahasiswa yang melakukan demonstrasi seperti itu?

Entahlah. Tetapi saya hanya terfikirkan, apa jadinya bila di negeri ini tidak ada lagi mahasiswa yang bedemonstrasi? Tidak ada lagi yang dengan lantang meneriakkan kebenaran kepada para pemimpin bangsa? Mengingatkan akan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh pemerintahan negeri ini? Mencoba menyadarkan masyarakat dari berbagai tipu daya pejabat bedebah?

entahlah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s