Sebuah Cerpen: Demonstrasi (1)

Hari ini adalah hari yang tidak biasa. Seharusnya aku kuliah, tapi aku tidak kuliah. Jangan kau berprasangka bahwa aku ini pemalas. Sejak tiga bulan yang lalu aku mulai menjalani perkuliahan di kampus Ganesha ini, ini adalah kali perama aku cabut dari kuliah. Sejujurnya ada sedikit perasaan bersalah dengan apa yang kulakukan kini. Tapi ini sudah jadi keputusanku. Hari ini aku akan melakukan sesuatu yang selama ini hanya dapat kusaksikan di layar kaca. Kuakui, jantungku berdetak lebih cepat dari biasanya. Kurasa aku sedikit gugup!. Tapi aku pun sudah tidak sabar untuk melakukannya. Dan kini berbagai imajinasi tentang apa yang akan terjadi nanti terus meriuh di pikiranku.

Aku membuka lemari dan mencari barang yang sejak ospek awal tidak pernah kugunakan lagi. Nah, ini dia! Jaket berwarna hijau-biru, entahlah apa sebutan bagi warna ini. Sebuah lambang kecil berwarna emas menempel di dada kiri. Inilah yang membuat jaket ini spesial. Lambang gajah duduk, dengan gading yang patah, memegang tasbih dan kapak, dan duduk di atas benda yang terlihat seperti buku. Hyang Ganesha.

Segera aku keluar menuju tempat berkumpul. Kulihat jam di tanganku, sudah terlambat llima belas menit. Aku mempercepat jalanku. Tidak seberapa lama aku sampai di tempat berkumpul, di sebuah tugu dengan bentuk kubus dari besi yang entah apa maksudnya. Kata orang dahulu tugu itu ditempati oleh patung Hyang ganesha. Kurasa Hyang Ganesha lebih cocok menempati tugu itu dari pada benda kotak entah apa ini. Tapi saat ini perhatianku bukanlah pada tugu tersebut. Seharusnya di sini orang-orang sudah berkumpul. Tapi yang kuliaht hanyalah tiga orang yang sedang mempersiapkan sebuah spanduk di samping tugu. Dengan sedikit malu-malu sebagai anak tingkat satu aku menghampiri mereka.

Kau tahu apa yang akan aku lakukan? Aku akan berdemonstrasi!

(bersambung..)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s