Bersyukur

Tiba-tiba saja malam ini saya kedatangan hal yang tidak diduga-duga. Nenek saya tiba-tiba datang ke Bandung untuk melayat sodara yang meninggal, dan ternyata ia datang bersama om saya dan istri nya.

Saya begitu terkejut saat melihat Om saya berjalan setelah menuruni mobil. Ternyata dia sudah tidak mampu lagi berjalan dengan lancar, sangat tergopoh-gopoh, dan harus ditopang oleh istrinya. Badannya menjadi begitu kaku, dan untuk berbicara pun kesulitan. Padahal saat terakhir bertemu lebaran tahun lalu, dia masih begitu sehat dan segar.

Dan saya pun tersadar betapa selama ini saya tidak pernah bersyukur dapat berjalan dengan lincah dan berbicara dengan lepas. Saya tidak pernah berfikir bahwa itu adalah sebuah kenikmatan yang harus disyukuri karena saya menganggap itu adalah hal lumrah yang dimiliki semua orang. Padahal Allah bisa kapan saja mengambil nikmat tersebut, dan saat itulah kita akan menyadari betapa berharganya berjalan dan berbicara.

Meski terlambat, kini saya sadar bahwa kita harus bersyukur akan berbagai karunia yang diberikan Allah, meski sesuatu yang terlihat sepele seperti berjalan dan berbicara.

Dan disamping itu, pada malam ini pun saya tersadar, bahwa hal lebih besar yang harus saya syukuri adalah melihat nenek saya yang sangat saya sayangi, nenek saya satu-satunya semenjak saya bayi (saya tidak pernah melihat kakek dan nenek saya lainnya), yang belasan tahun lebih tua dari om saya tersebut, masih begitu sehat dan enerjik. Ia masih mampu bercerita berbagai hal yang yang tidak pernah bosan untuk saya dengar, dan masih mampu memberikan motivasi-motivasi kepada saya (ia adalah salah satu motivator terbaik dalam hidup saya hehe), dan hebatnya di usia 80 ini masih begitu banyak urusan yang dikerjai nya!

Saya hanya tidak bisa membayangkan jika ia tidak mampu lagi berjalan dan berbicara. Semoga hal tersebut tidak terjadi.

Tinggalkan Balasan

